1. Jangan menunggu bahagia baru tersenyum, tapi tersenyumlah, niscaya kamu akan bahagia. 2. Jangan menunggu kaya baru bersedekah, tapi bersedekahlah, niscaya kamu semakin kaya. 3. Jangan menunggu termotivasi baru bergerak, tapi bergeraklah, niscaya kamu akan termotivasi. 4. Jangan menunggu dipedulikan orang baru kamu peduli, tapi pedulilah dengan orang lain, niscaya kamu akan dipedulikan. 5. Jangan menunggu orang memahami kamu baru kamu memahami dia, tapi pahamilah orang itu, niscaya orang itu paham dengan kamu. 6. Jangan menunggu terinspirasi baru menulis, tapi menulislah, niscaya inspirasi akan hadir dalam tulisanmu. 7. Jangan menunggu proyek baru bekerja, tapi bekerjalah, niscaya proyek akan menunggumu. 8. Jangan menunggu dicintai baru mencintai, tapi belajarlah mencintai, niscaya kamu akan dicintai.

Ekstra

Teknologi Informasi dan Komunikasi ( TIK ) & Ekstra Komputer
Guru Pembimbing : Muhiroh, S.Kom,MM., Dwi Asmoro, S.Pd.I., Syamsuddin,S.Pd.


     Memasuki abad ke-21, bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi berkembang dengan pesat yang dipicu oleh temuan dalam bidang rekayasa material mikroelektronika. Perkembangan ini berpengaruh besar terhadap berbagai aspek kehidupan, bahkan perilaku dan aktivitas manusia kini banyak tergantung kepada Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi juga Ektra Kurikuler Teknologi Informasi dan Komunikasi dimaksudkan untuk mempersiapkan peserta didik agar mampu mengantisipasi pesatnya perkembangan tersebut. Mata pelajaran dan ekstra kurikuler ini perlu diperkenalkan, dipraktikkan dan dikuasai peserta didik sedini mungkin agar mereka memiliki bekal untuk menyesuaikan diri dalam kehidupan global yang ditandai dengan perubahan yang sangat cepat. Untuk menghadapi perubahan tersebut diperlukan kemampuan dan kemauan belajar sepanjang hayat dengan cepat dan cerdas. Hasil - hasil Teknologi Informasi dan Komuikasi banyak membantu manusia untuk dapat belajar secara cepat. Dengan demikian selain dapat dimanfaatkan untuk merevitalisai proses belajar yang akhirnya dapat mengadaptasikan peserta didik dengan lingkungan dan dunia kerja serta diharapkan dapat mendukung mata pelajaran lainnya.

Mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi ( TIK ) bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan :
  1. Memahami Teknologi Informasi dan Komunikasi 
  2. Mengembangkan keterampilan untuk memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi. 
  3. Mengembangkan sikap kritis, kreatif, apresiatif dan mandiri dalam penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi. 
  4. Mengahargai karya cipta dibidang Teknologi Informasi dan Komunikasi
PRAMUKA  
Guru Pembimbing : Arum Budiyah, S.Sos.


     Pramuka merupakan salah satu organisasi yang baik bagi anak dan pemuda serta siswa dalam pengembangan bakat, karena di pramuka seluruh kegiatan dan aktifitas dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dan benar yang tidak terlepas dari didikan pembina atau pun guru yang bersangkutan, karena kegiatan pramuka kegiatan yang sangat positif dan membangun bagi siswa.

Pramuka membangun akhak anak bangsa yang baik, berbudi pekerti, berpikir positif, tangguh, percaya diri tetapi tidak takabur, disiplin, inovatif dan rukun serta memiliki kesetiakawanan. Betapa pentingnya gerakan pramuka, apalagi di era globalisasi seperti sekarang ini. Ada tiga pilar utama menuju bangsa yang maju yang berkaitan langsung dengan gerakan pramuka adalah membangun pradaban yang mulia. Salah satu hal yang penting dalam membangun pradaban bangsa yang mulia adalah membangun karakter. Pembangunan karaketr itu bisa dilakukan didalam gerakan pramuka dengan berjenis latihan dan keterampilan yang dimiliki.
Manfaat kegiatan pramuka kalau dilihat dari sudut pandang kesehatan, kegiatan pramuka bisa merangsang pertumbuhan dan perkembangan anak. Bahkan gerakan pramuka dijadikan alat guna menumbuhkan rasa percaya diri anak.

Dalam merangsang anak, program-program kegiatan pramuka harus relevan dan disesuaikan dengan minat-bakat. Dan juga dalam kegiatannya menyelipkan kegiatan spiritual, hal itu dapat dilakukan dengan mengundang pakar atau tokoh-tokoh spiritual pada hari-hari suci tertentu, untuk penyegaran rohaninya. Dengan harapan anak didik tidak hanya fisiknya saja yang terbangun atau berkembang, namun juga rohaninya yang ikut terbangun atau berkembang.

Menerapkan program pramuka pada pengembangan diri bukan hanya sebagai pelengkap semata, agar gerakan pramuka dapat berpengaruh terhadap proses belajar mengajar anak.
Pramuka sebagai salah satu wadah positif untuk membangkitkan rasa percaya diri anak. Dalam pramuka anak akan mendapatkan dua hal, yakni belajar berorganisasi dan melakukan beragam outdor maupun indor. Kegiatan ini bisa merangsang kemampuan afektif, kognotif dan psikomotor. Hal ini bisa merangsang pertumbuhan otak kanan dan otak kiri anak didik.

Pramuka dapat mengajarkan anak bisa menyelesaikan masalah, dalam salah satu kegiatannya umpamanya ada aktivitas mencari jejak. Otak kanan anak dan makin berkembang karena dituntut untuk memiliki ide kreatif agar jejak bisa ditemukan. Kegiatan pramuka juga sarat akan aktivitas tolong-menolong. Ini bermanfaat kemampuan afektif anak.

Tegaknya Disiplin

Dalam kegiatan pramuka membentuk anak-anak menjadi pribadi yang disiplin dalam segala bidang. Tegaknya disiplin ini dapat diterapkan dalam bidang baris berbaris. Dalam kegiatan ini mental dan fisik anak benar-benar disiapkan. Dengan bekal mental dan fisik yang kuat mereka mampu memfilter mana yang baik untuk mereka yang mana dapat menyelamatkan dirinya disamping menegakkan disiplin anak dapat belajar mencintai lingkungan. Hal ini dapat dilakukan dengan membuat tanaman di sekolah. Penanaman sikap ini tercermin dalam ajaran Tri Satya dan Dasa Dharma yaitu cinta alam dan kasih sayang pada lingkungan.


 Kegiatan PMR  
Guru Pembimbing : Henis Cahyono, S.Pd.I.


Dewasa ini dalam lingkungan sekolah maupun lingkungan masyarakat sangat diperlukan kegiatan yang bisa meningkatkan kepekaan sosial, peduli terhadap sesama, merawat diri sendiri, mengerti arti kesehatan dan hidup sehat.

Untuk maksud tersebut, maka MTs NU 01 Tarub mengadakan suatu kegiatan ekstra kurikuler yang menunjang kegiatan tersebut yaitu PMR.

Dengan kegiatan itu diharapkan siswa mampu menerapkan ilmu yang diperoleh terutama masalah kesehatan dan P3K baik untuk anggota PMR itu sendiri maupun masyarakat dilingkungan sekitarnya, sehingga terjadi peningkatan ketrampilan hidup atau life skill yang bermanfaat bagi siswa.


Pencak Silat Pagar Nusa 
Guru Pembimbing : Miftakhul Amin, Mahmudin, S.Pd.


Ikatan Pencak Silat Nahdlatul Ulama Pagar Nusa disingkat IPS-NU Pagar Nusa. Pagar Nusa sendiri merupakan akronim dari Pagar NU dan Bangsa. Organisasi beladiri ini didirikan oleh kiai-kiai NU tanggal 3 Januari 1986 di Pondok Pesantren Lirboyo. Gus Ma’sum Jauhari, pendekar pilih tanding, dinobatkan sebagai ketua pertamanya.

Kini Pagar Nusa telah memiliki cabang hampir di seluruh Indonesia. Setiap cabang memiliki kekhasan sendiri-sendiri karena aliran silat mereka yang berbeda-beda dipelihara dan dirayakan. Yang menyatukan mereka adalah sama-sama berakidah Islam ahlus sunah wal-jamaah, setia membela NKRI, dan sama-sama melestarikan budaya pencak silat.


Marching Band
Guru Pembimbing : Henis Cahyono, S.Pd.I., Susilowati, S.Ag., Tachrir, SHI.

Marching Band bila ditilik dari citra sejarah serta filosofisasi yang mengelilingnya, bisa dikategorikan sebagai promadonanya ekstrakurikuler sekolah. Bagaimana tidak, beberapa literasi mutahir yang telah mengeksplorasi dunia marching band dari multi perspektif, secara naratif mayoritas berbicara positif tentang puspa-ragam seluk-beluk serta pengaruh sugestif yang ditimbulkannya bagi pemberbudayaan karakter maupun sikap mental siswa. Menjadikan siswa lebih berbudaya dan cerdas.

Pembelajaran intra kurikuler banyak disinyalir pakar pedagogis melatih otak sebelah kiri sedang ekstra kurikuler mengasah belahan otak kanan, jadilah ia neraca keseimbangan. Keseimbangan secara psikologis berefek menentramkan jiwa.



Seni Tilawah

Guru Pembimbing : Ust. Zamroni, S.Pd.




Seni Hadroh

 Guru Pembimbing : Ust. Abdul Hakim, S.Pd.I.

English Club
Guru Pembimbing : Nur Azizah, S.Pd., Umi Hani, S.Pd., Mujiharti, S.Pd.I.


Nahwu Shorof / Kitab Kuning
Guru Pembimbing : KH. Lutful Hakim, SH. , Drs. KH. Tajuddin, SIP,M.Pd.I.





 photo Banner1.gif

Entri Populer